Sudah tau Candi Angkor Wat?

Ini adalah kontes blog pertama yang saya ikuti, topik utamanya tentang serba-serbi negara- negara di ASEAN. Well, itu bukan topik yang saya kuasai. Saya jadi sadar kalau pengetahuan umum dan budaya saya masih cetek. Hihihi.

Tema hari ini membahas mengenai kesamaan relief antara Candi Borobudur yang dimiliki Indonesia dengan Candi Angkor Wat di Kamboja. Wat??? *What maksudanya.. Saya baru denger kalau ada Candi Angkor Wat di Kamboja. Yeaaah… seluruh Candi di Indonesia aja belum tentu saya khatam hafal semuanya, jadi kaau baru denger Angkor Wat bisa dikatakan wajar ^^v

Eh, tau ga kalau menurut ahli sejarah, relief Candi Borobudur dan Candi Angkor Wat itu SAMA! Lalu? Yaaa apakah itu berarti bahwa kita dan Kamboja serumpun? Mengingat Candi Borobudur sudah lebih dulu  dibangun, 3 abad sebelum Candi Angkor Wat ada. Ehm. Kalau membahas apakah kita serumpun atau tidak dengan negara-negara di ASEAN, saya akan mengatakan IYA. Alasannya?

Jika dikatakan mirip, setiap kebudayaan di negara-negara ASEAN itu yaa mirip. Kalau gak mirip, kenapa harus dibentuk Komunitas dengan judul ASEAN? Iyaa gak sih.. Tapi tentu meskipun mirip, setiap negara memiliki kekhasannya masing-masing. Perbedaan letak dan pemerintahan, dan watak yang tumbuh di setiap negara tersebut membuat Indonesia dengan Kamboja dan juga negara-negara ASEAN lainnya memilki perbedaan yang cukup kuat. Sepakat sekali dengan apa yang sudah dipaparkan oleh Mbak Jihan, bahwa begituuuuu banyak keberagaman Indonesia yang membuat kita gak usah khawatir dengan segala perbandingan budaya. Apalagi ngeributin, ngerebutin… Indonesia sudah begitu berharga dan kaya! Fokus kita adalah gimana sih caranya biar setiap asset bangsa ini bisa menjadi daya tarik yang luar biasa untuk masyarakat mancanegara?

Iseng googling, ada yang harus kita waspadai nih fellas! Candi Angkor Wat di-review oleh lebih banyak orang daripada Candi Borobudur!! Watchout >___<

Capture Candi Borobudur

Apa yang bisa kita ambil dari topik yang satu ini? Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, yang ingin setiap asset bangsanya menjadi primadona ASEAN, apa sih yang sudah kita lakukan? Apa yang sudah saya lakukan? Mengunjungi? Mempromosikan? Atau bahkan cari tau aja belum pernah >___<

Huhuhuhu…

Iya, semua kembali lagi pada kita.. Apapun topik yang dilemparkan tentang Indonesia dan keberagamannya, pertanyaannya adalah:

KITA UDAH NGAPAIN AJA SELAMA INI?

Huhuhu… langsung malu sendiri..

sudahlah.

Sebagai penutup, balik lagi ke topik utama… Apakah kita serumpun dengan Kamboja? Pastinya! Apakah Candi Angkor Wat lebih bagus daripada Candi Borobudur? Bisa jadi iya, bisa jadi engga.. Hal terpenting bukan mempermasalahkan hal kecil kayak gitu, sifatnya relatif… Hal terpenting adalah gimana caranya kita sebagai bagian dari Bangsa Indonesia menjadikan semua kekayaan ini menjadi PRIMADONA di wilayah ASIA, bahkan dunia. Siap? ^^

Terima kasih sudah berkunjung dan semoga menjadi tambahan informasi bagi kita semua.. #10daysforASEAN #day2

Salam hangat dan selamat taklukan semesta!!

@asriFit

IBU MUDA INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s