Salon Thailand Hadir di Indonesia

Siang yang terik tidak menyurutkan langkah saya untuk menyambangi sebuah salon perawatan tubuh yang cukup terkenal di kota Cianjur. Salon ini menurut saya adalah salon terbaik yang ada di kota, yang memiliki tata letak modern dan dengan perawatan yang bikin kangen. Iya, hari itu saya rencananya mau creambath. Biasalah wanita, ketika terasa penat di hati, salon selalu bisa jadi pasangan hidup yang mengerti untuk sekedar merelaksasi diri.

Wanita dan aktifitas salon itu seperti pria dengan hobinya, dua hal yang identik dan sulit terpisahkan. Jarang sekali kita menemukan jika ada wanita yang ogah memanjalan diri di salon, meski hanya sekedar maskeran rambut.

Kalau ngomongin tentang salon, semua ini balik lagi ke gaya hidup wanita itu tersendiri. Ada wanita yang sudah menjadikan kegiatan menghabiskan waktu di salon adalah kebutuhan sekundernya, atau bahkan primer. Tapi sebagian banyak dari kami, berkunjung ke salon adalah pilihan terakhir. Ketika keuangan rumah tangga sudah aman, meski hanya mengeluarkan 35 ribu rupiah untuk menikmati salah satu pelayanannya.

Di tahun 2015 nanti, akan ada gebrakan dari ASEAN Economic Community (AEC 2015), di mana komunitas di ASEAN akan lebih bebas bergerak dalam setiap kerja sama ekonominya, hal ini tentu saja berhubungan dengan bidang perdagangan dan sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya.

Lah, terus apa hubungannya sama salon?

Well. Yang jadi pertanyaan adalah, kalau misalnya nih, di tahun 2015 nanti ada banyak salon bertaraf internasional menclok di sana-sini di setiap sudut kota di Negara Indonesia, gimana? Apa jadinya kalau mulai berdatangan pebisnis asal negri Thailand buka lapak di Indonesia?

Emmm. Emang ngaruh banget sama stabilitas negara? Emangnya kondisi ekonomi bakal langsung tergoyahkan?  Baik, sebelum ngomongin hal yang ribet, saya kemarin iseng googling melihat perbedaan nyata antara salon di thailand sama di Indonesia. Ah, gak jauh beda. Justru Indonesia selalu lebih apik menyajikan salah satu menu perawatan bagi para kaum hawa ini. Selalu bikin mupeng untuk dikunjungi, yaaa cumma terbatas kondisi dompet aja sih.

Meskipun Indonesia sudah berkembang menjadi negara yang memiliki semakin banyak penduduk kelas menengah, penawaran salon bergenre Thailand bagi saya tidak akan membuat kami para wanita Indonesia langsung berpaling hati. Mencoba sekai dua kali sih mungkin saja, tapi kalau untuk jadi langganan tiap bulan? Ah sepertinya tidak. Bagaimanapun, aktifitas nyalon itu sifatnya sangat pribadi. Kalau udah cocok sama yang satu, susah untuk pindah ke lain hati. Apalagi kalau udah kenal sama terapis atau kapsternya. Buat nyalon kok coba-coba 😛

Jika dibuat presentasinya, angka wanita yang bersedia mengeluarkan sejumlah uang untuk mencoba nyalon dengan brand luar negeri menunjukkan angka yang kecil. Udah ada penelitiannya? Belum sih…

Tapi coba deh liat gambar di bawah ini.. Gambar ini adalah salah satu sample yang epic tentang salon perawatan tubuh di Indonesia, di salah satu resort antara Bali dan Sumbawa.

MUPENG ABIS!

Kalau mau googling (lagi), interior design salon perawatan tubuh antara Indonesia dan Thailand gak beda jauh kok.. Seperti layaknya pelayanan body spa di negara-negara Asia Tenggara pada umumnya, jadi yaa akan sangat kompetitif juga ke depannya 🙂

Wel.

Kesimpulannya adalah, jikapun ada berbagai salon yang dikirim langsung dari Thailand, apalagi itu bertaraf internasional, pangsa pasarnya tentu bukan seperti saya yang tinggal di pinggiran kota yang hanya rela ngeluarin duit paing banyak 150 rebu untuk pelayanan salon. Target pasarnya tentu buat para wanita sosialita yang pengen nyoba sesuatu yang baru, dan saya yakin kalau para sosialita Indonesia itu akan lebih jatuh cinta dengan treatment salon dari negri sendiri. Kok yakin? Iyalah, orang turis-turis aja pada dateng ke Indonesia karena tertarik dengan penawaran body spa-nya. Lalu untuk apa khawatir?

Asal pinter-pinter milih tagline dan strategi marketing aja..Nah, coba intip plang salon Thailand yang satu ini ^^

Tapi, Indonesia sudah mulai tumbuh karena generasai kreatif yang sudah melek akan bisnis, kalau urusan salon-menyalon mah keciiiiil ^^ *pede sendiri

Nah, kalau kamu sendiri harus milih mau dateng ke salon merk Indonesia, atau kiriman dari Thailand? ^^

#10daysforASEAN #day1

Salam hangat,

@asriFit

IBU MUDA INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s