Tips Mengatasi Demam pada Anak

Sejak saya tinggal ke Jakarta, Kanin memang sudah menunjukkan gelaja bersin-bersin dan batuk. Perawatan yang saya lakukan hanya menjaga Kanin cukup makan dan cukup ASI. Tapi emang saya nya yang kurang telaten dan membiarkan Kanin kecapean akhirnya Selasa malam Kanin tumbang juga. Badannya panas dan lemes tiada dua.

Walhasil saya pun bolos sekolah dan nemenin Kanin seharian di rumah. Jadi bu, saya adalah termasuk IBU MUDA yang ogah ngasih obat kimia sama anak, atau langsung panik bawa ke dokter ketika anak demam. Khawatir pasti, tapi saya selalu yakin kalau antibodi anak itu masih bagus dan cukup kuat untuk membasmi penyakit yang masuk. Ketika Kanin dilanda demam saya gak panik, meski hati gak tega banget deh liat Kanin yang lemes dan cuma pengen namplok di gendongan doang.

Hal yang pertama siapkan adalah:

1. Air KanGen ph 9,5

Ketika badan demam, badan tuh sebenernya lagi melawan penyakit yang masuk. Nah, kita butuh air yang banyak dan bersifat basa untuk menguras hasil perlawanan tubuh terhadap penyakit tersebut. Air juga berfungsi sebagai penyeimbang suhu dalam tubuh. Kenapa harus air KanGen? Dari literatur yang saya baca, air KanGen memiliki sifat basa yang bagus untuk menciptakan suasana tubuh agar tidak mudah dihinggapi penyakit. Lalu air ini memiliki sifat anti oksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Air kanGen pun memiliki sifat microcluster yang begitu mudah terserap oleh sel tubuh. Jadi emang gak sembarang air, air yang benar-benar berkualitas. Info lengkap air kangen, baca di sini.

2. Kunyit dan Apel

Saya dapat resep ini dari milis Ecamp. Saat ada thread tentang kesehatan non farmasi, ada yang sharing tentang manfaat kunyit dan apel. Kunyit bermanfaat sebagai antibiotik alami dan apel bermanfaat sebagai penurun panas alami. Alhamdulillah karena sudah dibiasakan, Kanin gak terlalu protes ketika disuruh ngunyah apel dan kunyit. (Untuk kunyit saya gak kasih langsung ya buuu.. Saya selipin di nasi goreng ^^).

3. Madu

Wah gak usah dibahas detail deh yaaa. Madu emang selalu jadi andalan ketika Kanin GTM dan sakit kayak gini. Alhamdulillah setelah dua hari konsumsi, demamnya perlahan turun. Nah, kalau mau beli madu, di sini aja.

4. Pelukan dan Pijatan hangat Bunda

Info ini saya dapat dari milis asibayi kalau kekuatan sentuhan bisa bantu memboost daya tahan tubuh anak. Yasudah, saya tinggal setia menemaninya dan nyiapin minyak gosok untuk pijat-pijat.

Sehari demam tinggi, sehari mulai turun panasnya dan berangsur membaik.

Alhamdulillah Kanin bisa FIGHT melawan penyakit tanpa obat kimia apapun. Apalagi penyakit Kanin ini penyebabnya virus, jadi PR utama Ibu nya adalah bantu Kanin meningkatkan daya tahan tubuh alias imunitasnya doi.

Sekarang Kanin udah bisa joget-joget lagi dan centil seperti biasa. Bunda nya bisa sekolah lagi dan ngejar ketertinggalan kerjaan klinik.

Sekian tips hari ini. Semoga bermanfaat dan tidak menolak jika ada masukan, tanggapan, dan sanggahan.. Belajar sama-sama ya Bu untuk jadi Bunda cerdas ^^

Image

Before

Image

After: Udah minta dikerudungin dan difoto ^^

Salam #SehatKembali ^^v,

IBU MUDA
Follow me on twitter: @asriFit

4 thoughts on “Tips Mengatasi Demam pada Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s