Rebutan Antar Negara, apa sih solusinya?

Anak Kecil sih wajar rebutan ^^

Anak Kecil sih wajar rebutan ^^

sumber gambar

Anak kecil itu entah kenapa punya kecenderungan untuk rebutan mainan, kayaknya mainan punya temen lebih bagus daripada mainan punya sendiri. Kayaknya harus banget mainan punya anak lain dia punyai atau mungkin sekedar megang. Kenapa ya?

Berhubung saya bukan ahli psikologi jadi kalau ditanya penyebab dan pemicunya apa saya juga kurang tau… tapi ajaibnya, mau sepanas apapun rebutan di antara anak kecil, selalu diakhiri dengan kondisi damai yang indah. Gak saling keki dan saling lupa kalau pernah punya masalah dalam hal rebutan barang.

Nah, gimana kalau orang dewasa? Hemmmm… ternyata bukan anak kecil aja sih yang suka rebutan barang. Manusia dewasa pun sering juga tuh rebutan 😐 Tapi sedihnya, kenapa yaa kalau orang dewasa udah rebutan agak sulit dan sama-sama sungkan untuk saling mengikhlaskan? *timbul pertanyaan….

Well. Problema tentang rebutan begini memang akan dibahas pada topik #10daysforASEAN kali ini. Sengketa kepemilikan pulau yang alot banget antara Singapura dan Malaysia. Sedikit informasi, ada tiga pulau yang dijadikan konflik rebutan antara dua negara yang bertetangga ini, yaitu Pedra Branca (atau dikenal juga dengan Pulau Batu Puteh), Middle Rock (Batuan Tengah) dan Karang Tengah (South Ledge). Tiga fitur maritim ini luasnya keciiill banget tapi bisa membuat pertingkaian antar dua negara. Fiuuuh..

PedraBranca2sumber gambar

Sepertinya konflik perebutan daerah kedaulatan sebuah pulau di negara-negara ASEAN, Indonesia, Malaysia, dan Singapura terutama, adalah masalah yang seriiiiing banget diperdebatkan. Aduh, rebutannya udah skala pulau yah kalau orang dewasa -_-*

Sebetulnya konflik ini sudah diambil jalan tengahnya oleh Mahkamah Internasional, bahwa Pedra Bancra diputuskan milik Negara Singapura dan Batuan Tengah milik Malaysia, sedangkan Karang Tengah dimiliki oleh negara yang memiliki batasan teritorial air di kawasan tersebut sesuai dengan surut elevasinya. Berita lengkapnya bisa dilihat di sini.

PedraBranca_Lighthouse150Finishsumber gambar

Tapi hingga saat ini, meski Mahkamah Internasional sudah ketok palu, sengketa itu tetap berlanjut. Masya Allah…. kalah sama anak kecil 😐

Yaaa mungkin emang masalahnya gak se-simple rebutannya anak kecil… Tapi kan sayang juga kalau misalnya hanya karena pulau yang se-uprit jadi kendala untuk urusan-urusan yang lebih besar. Perasaan ikhlas dan merasa cukup dengan apa yang ada emang sulit dipraktekkan, mengingat sifat dasar manusia yang emang gak pernah puas. Tapi tentu kita juga harus ingat kalau kesederhanaan ambisi akan melahirkan kekayaan hati πŸ™‚

Jadi, teruntuk Negara Singapura dan Malaysia tersayang, udahan yuk rebutannya… Siapapun yang memegang hak milik pulau tersebut seyogianya kita dukung dan tetap rangkul. Ada banyak PR dunia yang harus dikerjakan bersama melalui media Komunitas ASEAN 2015. Jangan sampe nih, konflik rebutan pulau tersebut jadi kendalanya. Solusi yang ngejelimet saya gak punya, saya gak tau… yang saya tau kalau udah begini sih yang penting hatinya sama-sama terbuka.. Percuma ngasih solusi konkrit yang bersifat praktis kalau ego dan hati belum saling ikhlas *cieeeeee sok bijak

Memang sih tidak mudah meredam ego, sekuat apapun alasan untuk mempertahankan ego tersebut, tapi kalau misalnya jadi mengundang banyak keburukan yaa buat apa?

two-children-hugging

Damai itu INDAH. Berpelukaaaan ^^

sumber gambar

Semoga kita pun sebagai bangsa Indonesia mampu dengan bijak dan lebih dewasa kalau ada sengketa yang serupa. Menjaga kekayaan bangsa tentu kewajiban bersama, tapi ketika itu menjadi rebutan pihak tetangga, semoga ketenangan dan kearifan tetap menjadi tameng yang utama ^^

#10daysforASEAN #day7

salam hangat,

@asriFit

IBU MUDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s