Al Insyirah

1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu?
2. dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,

3. yang memberatkan punggungmu,

4. dan Kami tinggikan sebutanmu bagimu,

5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,

6. sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,

7. Maka apabila engkau telah selesai dari suatu urusan, tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),

8. dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

QS Al Insyirah 1-8
Duh dalem.. Suka banget kan sama surat yang satu ini? Apalagi di ayat 5 dan 6. Kalau ada yang posting tentang dua ayat itu, langsung dikasih like dan love deh ama orang-orang. Tapi ya percuma sih di-like dan di-love kalau pas dikasih sulit malah mewek kejer terus misah-misuh gak jelas hahahaha..

Saya sih gitu orangnyaaaah *toyooor

Itulah manusia. Itulah Asri Fitriasari namanya. Udah jelas-jelas di Al Qur’an bilang kalau hey lo kalem kali gausah lebay drama nya, abis lo pusing, abis lo pening, Allah bakal kasih hadiah selama lo nya sabar dan mau usaha. Kerjain aja itu urusan. Nanti juga kelaaar.

Bulan ini saya kembali ditampar sama ayat dalam surat Al Insyirah. Mendadak dapet banyak kesulitan di tengah-tengah hidup yang adem ayem asal klakon. Mendadak kudu beresin requirement GTSL (gigi tiruan lengkap sebagian), di mana kasus itu pasiennya udah ganti sampe 3x hiksss. Kalau gak dikerjain saat ini juga, requirement GTL (gigi tiruan lengkap) gak boleh lanjut dikerjain hiksss..

Yaudah mau gak mau ngubek-ngubek kontak dan kenalan yang bisa dan mau jadi pasien GTSL. Sebelumnya udah hopeless dan males banget ngerjain requirement ini. Yaaa udah ganti 3 pasien tapi gak ada yang jalan. Moodnya udah berkerak 😂

Pas lagi kaget dan shock ditodong harus segera beresin GTSL baru boleh lanjut ke GTL, saya cuma bisa doa sambil usaha sebisanya nyari pasien…. Eh, gak lama dapet. Kasusnya gampang pulak. Pasiennya juga kooperatif lagi. Pas Acc kerjaan tiap tahap tetep dikasih deg-degannya siih. Tetep ada fase ‘gak gampang’ nya tapi at the end kelar dan hanya butuh waktu kurang dari sebulan! Alhamdulillah….

Abis drama GTSL beres, lanjut todongan jadi seminaris Bedah Umum. Mulai dari nyari literatur, ngajuin makalah, jadi seminaris, dan pas proses revisinya tuh yaaa cukup bikin kepala dan hati keritiiiing. Sampe migrain dan batuk-batuk. Tapi at the end requirement itu kelar juga dalam waktu kurang dari 2 minggu. Berakhir bahagia karena pas minta tanda tangan pelunasan kerjaan gak pake ribet dan dapet nilai A. Alhamdulillah…

Ini bukan kejadian sekali dua kali kayak gini. Banyak bangeeet nget nget nget di saat hidup berasa sempit, sesak dan pengen teriak, Allah langsung nyamperin ngasih kemudahan di luar ekspektasi. Sampe bikin amaze sendiri. Ya Allah, Engkau so sweet sekaliiii..

Ahhh jadi inget waktu sidang skripsi S1 dulu. Saya kan ngerjain skripsi pas lagi hamil gede tuh. Bolak-balik Bandung-Jatinangor bawa-bawa buku tebel dan perut kandel. Capek, pusing, kesel lah bawaannya. Tapi alhamdulillah dikasih dosen pembimbing yang baik bangeeet. Dikasih dosen penguji yang baik bangeeet. Pas sidang, kurang dari setengah jam udah keluar ruangan wkwkwk.. Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang kan kau dustakan, Asriiii?

Jadi kesimpulan saya adalah… Semua ayat di Qur’an itu bener banget. Kejadian banget. Dan memang tugas iman itu bukan hanya terucap di lisan dan diyakini dalam hati, tapi juga dibuktikkan dalam perbuatan. Ngesoot, ngesooot daah..

Gak peduli seberapa ayat Qur’an yang sudah kita baca hingga hari ini, kalau misalnya belum ada ayat Qur’an yang bisa kita imani lewat amal  perbuatan.

Kyaaaa gaya banget bahasa looo..

Gapapa yaah, ngomong doang mah gampang kaaan. Prakteknya itu yang bikin m*ncret dan sulit dideskripsikan oleh kata hahahaha.

Udah sekarang mah kalau baper jangan keterusan. Baper yang keterusan itu tanda iman belum bener.. Jangan geer, ini bukan ngomongin kalian.. Ini ngomongin diri sendiri, anaknya gampang baper dan gampang ilang mood cuma karena dikasih sulit sedikit. Ampun deh. Masih ngesooot banget belajar iman. Masih megap-megap praktekin apa-apa yang Allah sampaikan di Quran..

Alhamdulillah punya Allah yang Sabar nya Maha Daya. Sabaaar banget liatin saya yang jatuh bangun memeluk iman… (Yang namanya Iman gak usah geer yaa, bukan ngomongin lo jugaak ini 😂)

Mari ah ngaji lagi…

Alam nasyrah laka shadrak….

Cimahi, 24 Ramadhan 1437 H

Asri Fitriasari

Ibu yang lagi ngesooot melukin iman..

*bukan.. bukan iman, si Iman.. Kalau saya meluk si Iman nanti si Indra maraaah haha #ampungaring

Advertisements