Asri Fitriasari

Dokter Gigi | Founder KIMI | Your Decluttering Companion 🍀

Memindahkan Kesemrawutan

Weyyy kemarin aku skip posting tulisan hahaha. Karena udah terlalu nyaman di kasur ninaboboin Kinan, rasanya males banget buat bangun lagi, buka laptop untuk nulis. Atau sekadar buka hape, nulis di aplikasi WP yang ada di hape. Mau nulis apa nya juga bingung mau nulis apaan hahaha..

Tapi hari ini aku gak bingung mau share tulisan tentang apa, dan kayaknya emang harus maksain nulis sebelum jam sore atau malam menjelang. Mepet banget Boss waktunya. Energi udah sisa-sisa tenaga. Waktunya juga kadang mendadak dibajak sama Kinan buat nemenin dia maen.

Oke, mau bahas apa kita hari ini? Tentang menulis di buku harian/agenda. Kegiatan ini sebetulnya udah rutin aku kerjain dari sejak dulu dulu duluuuu banget, cuma ada momennya off atau nulis sekenanya aja. Ritual beli buku agenda tahunan udah jadi habit yang aku pun sampe lupa mulainya sejak kapan, karena se-lama itu. Di rak buku pun numpuk buku agenda dengan oretan ini itu, impian dan rencana yang banyaknya cuma mandeg di tulisan doang wkwkwk.

Sejak 3 tahun ke belakang, rutinitas menulis di buku agenda udah lumayan intense lagi dan lebih rapi, utamanya tahun ini. Lebih ter-struktur apa yang mau dan harus ditulis. Jujur aja, tahun bertambah tahun, keinginan untuk bikin rencana semakin berkurang. Mungkin karena udah eneg sendiri kali yaa tiap bikin rencana, ujungnya hanya wacana hahaha. Jadi aku memilih untuk belajar lebih mindful di setiap harinya daripada ngoyo ngejar rencana tapi hati tetep aja hampa *tsaelah…

Buatku, punya rutinitas menulis di buku agenda selain satistfying, relaxing, part of healing, kegiatan ini membantuku memindahkan kesemrawutan yang ada di kepala. Pusing dan capeeek banget kalau semua-semua cuma ngandelin ingatan di kepala. Pikiran dan perasaan bawaannya jadi lebih mudah gelisah dan berat aja gitu kerasanya.

Dengan rutin menulis (atau untuk beberapa case jatohnya jadi kayak journaling), aku terbantu untuk lebih clear melihat masalah. Semua yang semrawut di kepala lebih terlihat jelas kategorinya kayak gimana. Mana yang emang penting diberesin, mana yang bisa ditunda, mana yang gak perlu dipusingin amat. Termasuk di dalamnya cicilan atau bayaran rutin yang harus diceklis di awal bulan, atau hutang piutang yang belum tunai. Duh, kalau semua cuma disimpen di kepala sih BHAAY!

Buku agenda/harian adalah asisten pribadi yang membantuku mengingat dan menyemangati untuk punya tujuan hari ini, hari per harinya. Liat buku agenda ini pun terasa lebih ringan ketika aku sudah berdamai dengan banyak keinginan. Yaaa bertambahnya usia dan seiring banyaknya pengalaman hidup, aku jadi tau mana yang emang perlu aku urus dan kejar, mana yang tidak.

Smoga kita semua semakin apik yah ngurusin hidup kita sendiri. Semakin fokus menyelesaikan apa yang sudah menjadi kewajiban untuk diselesaikan. Dan berbanggalah pada dirimu sendiri ketika kamu selalu punya kemauan untuk mengurai kesemrawutan hidup, baik yang memang terkondisikan ada, atau yang tanpa sengaja di-ada ada :)))

Day 12 #60hari33Asrifit

Leave a comment