Small Things

Siang itu ketika sedang asyik berselancar di Fesbuk, saya menonton sebuah video yang di-share oleh teman di linimasa nya. Video yang benar-benar menggugah dan menyentuh. Bisa liat videonya di link ini yaa.

Video ini berisi tentang Kristina Kuzmic, seorang wanita, seorang ibu yang begitu depresi dan merasa sangat tidak berharga setelah perceraiannya. She felt broke. Totally like a complete loser dengan segala penolakan dan kejadian yang terjadi di hidupnya. Ada yang pernah merasakan hal yang sama? Feel so depressed dan gatau mau ngapain. Kayaknya semua yang dikerjain salah. Kayaknya semua yang sudah dikerjakan gak ada artinya. Gagal. Rusak. Hancur…

Gak ada lagi orang yang percaya.. Bahkan kita pun sudah gak percaya sama diri kita sendiri. Ada yang ngerasain hal yang sama?

Saya dan ibu-ibu yang tergabung di KIMI, Komunitas IBUMUDA Indonesia, merasakan hal yang mungkin mirip huhuhuhuhahahaha.. Meski bukan semata-mata karena perceraian, tapi ternyataaah kita punya perasaan dan ketakutan yang sama,  merasa gak berharga. Sangat takut dengan penolakan. Merasa hidup kok yaa gini-gini aja. Stuck sama hidupnya sendiri. Terlalu larut dengan masalah sampai gatau harus keluar dari masalah itu gimana. Sampai ga ngerti wujud masalahnya itu kayak apa. Jadi boro-boro mikirin solusi, yang ada udah keenakan jadi Ratu Drama. Merasa bahwa masalah kita adalah masalah paling krusial abad ini.

Sampai akhirnya saya kepikiran untuk mengadakan challenge di KIMI. Challenge yang sebetulnya menantang diri saya sendiri untuk bisa keluar dari perasaan horror yang selama ini menghantui. Merasa gagal, gak berharga, dan gatau mau gimana… Apa yang kami lakukan? Kami bareng-bareng mengerjakan sebuah pekerjaan kecil dan sederhana.

Hanya pekerjaan kecil dan sederhana.

Just a small things job.

Bulan pertama: Beberes

Bulan kedua: Belajar Decoupage

Bulan ketiga: Mengenali apa yang bisa membuat diri kita BAHAGIA

Bulan keempat: Berbagi Nasi

Bulan kelima: Membaca 1 Buku

Bulan keenam: Membuat blog dan menulis pengalaman selama mengerjakan challenge.

Pekerjaan kecil yang ternyata efeknya luar biasa bagi kami. Sesuai dengan tujuan dibuatnya challenge ini, yaitu untuk membantu kami kembali mengenal diri kami sendiri. Lebih aware dengan kekurangan dan kelebihan kami sendiri. Dan yang jelas kami tau apa yang harus kami lakukan setiap bulannya, meski hanya dalam bentuk sebuah challenge yang dilakukan bebarengan. Challenge ini memaksa dan memancing para anggota nya untuk GERAK AJA DULU dengan hal kecil dan bersifat universal. Karena kita gatau, dari challenge yang mana potensi kita akan keluar.

Ada kalimat penutup dari video yang dibuat oleh Kristina Kuzmic tersebut dan sangaaaat ngena banget ke hati, she said that….

“Life was still hard and I was still sad and there were still a lot of struggles. But I no longer felt defeated. Even when I feel like a complete loser, even when my life feels like a crazy and chaotic mess, if I focus on the little things that I do have and can do, I can turn it into something bigger than I ever expected. And that’s literally that how I now approach everything in my life. I am done focusing on all the things I can’t do and all the things I don’t have, all that negative noise. And I learned when I shut down that noise and instead focus on the things I already have and the things I can do that’s where I feel peace, and that is where I can fully embrace and enjoy my crazy, awesome life.

“Hidup masih sulit, terasa sedih dan masih banyak perjuangan. Tapi saya tidak lagi merasa dikalahkan. Bahkan ketika saya merasa seperti pecundang, bahkan ketika hidup saya terasa gila dan berantakan, jika saya fokus pada hal-hal kecil yang saya miliki dan bisa lakukan, saya dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih besar dari yang saya kira. Dan itu benar-benar membawa bagaimana saya sekarang menyikapi semua hal dalam hidup. Saya berhenti fokus pada semua hal yang tidak dapat saya lakukan. Dan semua hal yang tidak saya miliki, semua bisikan negatif. Saya belajar ketika saya mematikan bisikan itu dan memusatkan perhatian pada hal-hal yang sudah saya miliki dan hal-hal yang dapat saya lakukan, di situlah saya merasakan kedamaian, dan di sanalah saya dapat sepenuhnya merangkul dan menikmati hidup yang gila dan mengagumkan.”

 

Besar harapan saya pribadi, lewat challenge ini Bebo KIMI bisa menghargai hidup yang sudah mereka miliki, menikmati setiap apa-apa yang mereka punya dan bisa mereka lakukan, meskipun itu hal kecil. Small things. Karena KETENANGAN ada pada jiwa-jiwa yang pandai bersyukur  dari hal kecil yang dia miliki #PLAKKK tabok pipi sendiri

Terima kasih kepada Bebo yang sudah berpartisipasi sampe bulan ke-6 challenge dan berkenan berbagi kisah perjalanannya menjalani challenge KIMI. Mari lanjutkan perjuangaaan menjadi wanita yang mindfullness 🙂

Peluk Hangat.

asriFit | Poponnya KIMI

 

 

P.S:

Berikut daftar blog Bebo KIMI yang berhasil lolos hingga challenge ke-6. Simak cerita serunya dengan meng-klik nama mereka, semoga berpaedah dan bermangpaat yaaa :*

Ajeng Weningsari

Anggia Widhi Astrini

Ayu Syawitri

Eni Nuraeni

Felly Febrianti

Fithri Nur Rohmah

Fitria Adiarti

Mayang Sofiani

Ayoen Nourina Ungtsa

Dian Rachmawati

Dinanti Erawati

Husnul Chotimah

Siti Nurjanah

Nurlianti Candradewi

Unik Pratisi

Sri Yuliani

Maynoor Hasanah

Tanty Hidayati

Nilla Puspandari

Ratih Nurkumalasari

Shantiara Phustirahayu

Dita Sefty Nurina

Sri Raditiningsih

Ulfah Lestari

Rosalinna

Novi Ahimsa Rosikha

Hermida Widyani

Sartika Ulfah

Nadya Suryani Octavia

Nurul Emily

Marita Imami

Lestari Purnamasari

Afrina Mukti

Selli Selvia

Mar-athush Sholihah

Yunfika Rahmi

Shaliha Hasim

Wia Prawiarti

Ayu Martiani

Tjahaya Rosita

Lutfi Atika Irmawati

Nining Nurhayati

Annisa Fitriyani

Rodliyathun Mardliyyah

Yeni Rihandayani

Anis Annafisyah

Nadia Effness

Alia Wijaya

Nur Annisa Istiqomah

Ira

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s