Belajar Mengelola Uang

Bismillahirrahmaanirrahiim..

 Hei kamu!

Asik mampir ke blog saya 🙂

 Saya mau cerita nih ^^ Kemarin, tepatnya tanggal 5 Mei hari Minggu. Saya dan tim Kamana Fashion menyelenggarakan workshop tentang bagaimana mengelola keuangan khusus wanita. Judul acara hari itu adalah #BelajarCashflow bersama Konsultan Keuangan Islam, Teh @FabFebi. Acara ini diadakan dalam rangka #TemuAkrab-nya Kamana Fashion sama para Teteh Shaleha ^^

Nah, apa sih yang mendorong saya dan Tim Kama bikin acara ini? Jujur aja nih, emang yang namanya keuangan itu seriiiiingggg banget bikin galau. Apalagi akhir bulan. Duh. Jadi, berangkat dari penyakit yang dipunya sendiri, saya ngundang Teh Febi dan ngajakin wanita-wanita lainnya untuk belajar bareng. Wiii seru amaaat kemarin!

Di postingan kali ini saya akan review sedikit apa aja yang kemarin dipaparkan sama Teh Febi tentang Cara Mengelola Keuangan (untuk Wanita). 

Jadi yaaa, mau gimana juga yang namanya KEUANGAN gak akan pernah jauh-jauh dari hidup kita. Kondisi keuangan sedikit banyak akan menentukan kondisi kita seperti apa. Banyak wanita yang sebenernya sadar kalau yang namanya keuangan itu harus diatur dan direncanakan, tapi lebih banyak lagi yang  pura-pura CUEK sama apa yang terjadi. Padahaaaal, makin dicuekin,  masalahnya bakal makin gede.

 Seneng deh ngeliat peserta yang masih single juga antusias. Secara yaaa mereka udah bisa tau lebih cepat tentang apa yang harus disiapkan mengenai keuangan keluarga.

 Oke, jadi sebenernya apa sih definisi dari casfhlow itu? Simplenya sih, cashflow adalah sebuah rekam data yang menggambarkan pemasukan dan pengeluaran kita. Simple banget, cuma nulis dari mana dan berapa banyak duit yang masuk, dan kemana dan berapa banyak duit yang keluar. Sesimple itu, tapi malesnyaaaa subhanallah yah!

 Ada beberapa hal kenapa kita enggan NULIS itu yang namanya cashflow, beberapa di antaranya karena kita takut sama angka yang minus (hayo ngaku!) atau ada juga yang males nyatet karena merasa hafal dan semuanya baik-baik ajaa, ada terus kok duit di rekening! (Padahal ini bahayaaa… Kita bisa merasa ada, padahal mungkin kenyataannya bermasalah, Hiiii). Well, sebenernya masih banyak lagi alasan kenapa kita males banget nyatet, emmm nanti deh kalau ada acara lagi harus ikut yaa! Lebih enak kalau bahas langsung secara live sama Teh Febi-nya ^^

 Fungsi kita nyatet cashflow itu penting banget, Sis… Selain kita jadi tau kondisi keuangan kita ada di level mana, kita juga jadi punya DATA kalau harus diskusi mengenai keuangan sama pasangan. Gak cuma modal asumsi dan urat kenceng aja, hehehehe *pengalaman*

 Selain itu juga kita jadi tau mau dibawa kamana keadaan ekonomi keluarga kita. Gak usah dulu deh ngomongin investasi, asuransi, atau bisnis yang ribet-ribet kalau misalnya kedisiplinan kita untuk meng-cashflow gak bagus. Kita dan cashflow itu adalah hubungan yang paling mendasar. Dari catatan cashflow yang baik kita jadi tau harus gimana ambil keputusan finansial.

Topik tentang finansial ini adalah hal paling dasar yang harus kita tau, tapi gak semua orang dapat pelajaran yang cukup untuk ngerti tentang how to manage our money.  Contoh dari orang tua aja gak akan cukup, itu juga kalau ajarannya emang sesuai dengan yang seharusnya, kalau salah? Yaaa jadinya meneruskan rantai buruk dalam hal keuangan.

Jadi, mulai sekarang sih yaa AYOK sama-sama berbenah tentang keuangan, jangan sampe duit yang masuk cuma numpang lewat doang dan kita gak merasa ada hasil yang sepadan. Tips dari Teh Febi sih: yang mudah jangan dipersulit, yang sudah sulit jangan dibuat rumit. Catet cashflow-nya sesuai dengan yang menurut kita mudah, menyenangkan, dan bisa dilakukan kapan aja. Kita bisa tau standar cukup-nya kita dengan disiplin nulis cashflow minimal 3 bulan pertama saat memulai. Evaluasi dan rencanakan untuk action berikutnya.

Ternyata menjadi kaya itu mudah. Bukan berdasarkan uang yang kita punya, tapi gimana cara kita mengelolanya 🙂

Sipdeh. Itu aja kali yaa sharingnya. Maaf gak diuraikan semuanya karena khawatir ada missed perception, baiknya nanti kalau Kamana bikin acara #BelajarCashflow lagi harus ikut yaa! Dijamin gak akan nyesel deh ^^ [Follow @KamanaFashion for info]

 Have a nice day everyoneeee!!

Hugs and Kisses,

Ibu Muda

@asriFit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s