Serius nih mau Nikah Muda?

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Halohalohalooo..

Mentemen, adakah di sini yang kepengan Nikah Muda? Serius nih mau Nikah Muda? Udah tau konsekuensinya seperti apa?

Emmm.. oke deh, sebagai pelaku Nikah Muda, nih ah.. saya cerita sedikit tentang lika-liku Nikah Muda. Cekibroot!

Menikah itu adalah suatu perjanjian suci yang besaaaar sekali tanggung jawabnya. Perjanjian besar di hadapan Tuhan. Dulu sih sebelum nikah cuma tau dari definisinya aja dan setelah menjalaninya.. Subhanallah… bener-bener perjanjian besar! Bukan sekedar aku suka kamu, kamu suka aku, yuk kita nikah. Jauh jauuuuh sekali dari romansa itu.

Kalau ada yang nanya sama saya, enak gak sih Nikah Muda itu? Emmm.. saya akan jawab sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Saya coba membedakannya menjadi dua kondisi.

Pertama. Kalau emang kita butuuuuh banget sosok partner hidup. Udah ada kecenderungan suka dan sayang sama lawan jenis, dan kita emang siap secara mental dan mau membayar harganya untuk menjalani perjanjian suci itu, nikah muda yaa enyaak banget. Kenapa? Karena kita gak akan terjebak sama romansa pacaran yang asli deh itu semu banget dan belum tentu jelas juga mau dibawa kemananya.. Perasaan sayang udah membuncah kuat tapi mahligai pernikahan belum juga mendekat. Ehm, dalem. Jadi saya lebih menyarankan cut romansa itu dengan Nikah Muda, kalau gak siap mending putusin aja šŸ˜›

Ih kok gitu siii?

Sebagai orang yang juga pernah pacaran, saya mau nanya deh, emang apa sih yang didapat dari pacaran? Ada yang merhatiin ajaaa.. (perhatian ortu, sahabat, saudara, tetangga.. kurang?), emm ada yang nyemangatiiin.. (kamu butuh pacar atau cheerleader sih?), yaa asik aja.. gak galau karena jomblo.. (emang yang pacaran gak galau gitu? perasaan lebih sering galau tauuu..). Well, kalau boleh jujur, dari pengalaman saya berpacaran sejujurnya saya gak dapet apa-apa. Nothing. Malah lebih kepada trauma dan penyesalan yang cukup dalam.

Yaaa itu sih karena gak jadi nikah sama pacarnya yaaa…

Kalaupun toh saya nikah sama mantan pacar saya dulu, kayaknya juga saya bakal nyesel kenapa gak menahan hati untuk pacaran setelah nikah ajaa. Asli itu lebih indah, lebih berkah, dan Allah ridho.

Jadi, kalau emang udah gak tahaaan banget pengen pacaran, saya sih lebih memilih untuk berjuang dengan Nikah Muda. Saya lebih memilih mengambil tanggung jawab itu daripada harus menjalani romansa yang belum ada keberkahan di dalamnya.

Kedua. Kalau emang belum segitunya butuh sama partner hidup. Bisa menahan diri untuk gak sayang-sayangan sama lawan jenis, saya mah amat sangat menyarankan nikahlah setelah semua tugas pribadi selesai. Terutama tugas sama orang tua. Kalau yang masih kuliah, selesaikanlah dulu kuliahnya, kalau yang masih baru mulai bisnis, mantapkan dululah bisnisnya. Tapi bukan juga keasikan memantaskan diri jadi perfeksionis dan kesiksa sendiri sampai akhirnya ga nemu-nemu waktu yang pas untuk nikah.

Well, mau itu nikah muda atau nikah saat sudah tidak merasa muda, semua itu tergantung kebutuhan pribadi masing-masing. Saya gak maksa harus nikah muda tapi juga gak mendukung pacaran yang terlalu lama. Seperti prinsip hidup saya, saya mah ingin Allah ridho ajaa. Saya lebih baik berdarah-darah belajar untuk ambil tanggung jawab lebih dulu dari teman sebaya lainnya dengan nikah muda daripada harus keasikan pacaran yang belum tentu jelas arah akhirnya.

Saya hanya ingin Allah ridho. Itu aja.

Gampang gak sih menjalani nikah muda? For sure, engga mudah sama sekali. Kalau dibilang berat yaa berat, tapi beratnya gak sebanding sama nanggung dosa kalau keasikan pacaran. Sekian šŸ™‚

13 thoughts on “Serius nih mau Nikah Muda?

  1. Wuiihh….. Nampol banget kata-katanya.

    Semoga niat saya untuk meninggalkan romansa pacaran dan menunggu seseorang yang siap menikah di mudahkan jalannya ya mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s