LONG TIME NO WRITE!!!

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Assalamu’alaikum warrahmatullahiwabarakatuh duluuuurrr!!

Ah kangen kangen kangennnn!!

Sudah lama saya tidak meracau dan berbagi opini sama dunia mayaaa.. Apa kabar kaliaannn?? Semoga sedang dalam kondisi sehat, semangat, dan sejahtera. Amiin…

Wah bingung nih si sayah mau nulis apa. Too many story to share!!!!! Mulai dari pengalaman-pengalaman unik selama jadi koass, ilmu-ilmu baru di dunia perekonomian, fenomena2 di Indonesia yang bikin gatel pengen kasih opini, percakapan-percakapan bodoh antara suami istri (as usual),sampe turun naiknya motivasi dan semangat saya. Banyak banget!!!

Sebentar.. pelan-pelan ah.. jangan seradak-seruduk.. cerita apa dulu ya emmm.. Saya mau cerita tentang ilmu ekonomi aja deh yaaa..

Suami saya teh lulusan ekonomi dan dia adalah salah satu lulusan ekonomi yang sangat concern dengan financial planning. Suami saya ”agak beruntung” dipertemukan dengan istri yang samaaaaa sekali gak ngerti ekonomi. Boro-boro ngerti ekonomi dehhh.. Punya skill nabung aja gak, hahaha.. Pernah sih nabung tapi duluuu banget waktu masih belum sekolah, waktu ingus masih dilap pake baju maen (agak jorok yaa analoginya, padahal kenyataannya saya gak pernah gitu waktu kecil). Saya nabung buat beli sepeda. Itu aja. Sampe sekarang susaaaah banget mau nabung. Parah kan yaa? Kalian bisa membayangkan ”seru” nya rumah tangga kami yang diisi oleh dua latar belakang yang berbeda. Suami yang ngerti ekonomi dan istri yang cuma tau krim ekonomi itu apa, hahahaha..

Menikah dengan Om Indra ternyata dapet bonus kuliah gratis tentang Ekonomi seumur hidup! Allah baik banget ya? Saya jadi ga usah ngambil dual degree untuk ngerti ekonomi 🙂 hehehehe..

Sekarang bacaan saya udah mulai melebar, dulu biasanya baca buku-buku motivasi dan novel, sekarang udah mulai baca buku ekonomi, yang ringan-ringan tentunya… yang untuk kalangan awam seperti saya. Buku yang bisa mengenalkan dengan simple bahwa krim ekonomi itu berbeda dengan ilmu ekonomi, jauuuhhh berbeda *ya eyaalaaaa*

Jadi inget dulu sebelum nikah sebenernya Om Indra udah kasih intro tentang dunia ekonomi tapi saya cuma iya-iya aja. Butuh waktu 6bulan lebih buat saya untuk ngerti apa maksud dari obrolan waktu awal-awal nikah hihihihi.. kenapa harus ada rencana keuangan, apa itu investasi, jenis-jenis investasi, pentingnya investasi, daaann semuanya yang berbau ekonomi… Sampe kadang suka olab juga 😀 (olab means muntah in Sundanese :P) Okei, saya sendiri belum bisa sepenuhnya mempraktekkan dengan sangat disiplin apa aja yang sudah saya pelajari dari suami, sulit cyiiiinnn. Kebiasaan hidup yang sudah mendarah daging itu sulit untuk direkontruksi ulang. Butuh perjuangan dan alhamdulillah suami saya sabaaaar banget ^^ (loveuloveu).

Nah, sejauh ini sih saya udah mulai mengerti apa itu rencana keuangan, gimana cara ngolahnya, bagaimana memilahnya biar bisa jadi aset yang ”jadi” dan modal berinvestasi, jenis2 investasi itu apa aja, resikonya gimana dan cara maeninnya gimana. Cuma sebatas teori looo saya baru ngertinya.. dan itu butuh waktu 6bulan!! Agak lemot yaa sayaa.. hehehe 😀 tapi ternyata seru sekali 😀 Sebagai wanita yang sudah mendapat jabatan ibu negara alias ibu rumah tangga, maluuu banget rasanya kalo gak ngerti yang beginian. Seneng rasanya ketika saya gak usah cari financial planner independen dan bayar mereka untuk ngatur cashflow saya, saya bisa belajar sendiri dan itu gampang kok 😉

Jadi kalo nanti ada orang ngajak ngobrol tentang dunia ekonomi, dikit-dikit saya ngerti lah, huhuyyy…

Ilmu ekonomi yang saya dapet selain dari suami, kemarin saya ikut Sanlat Investasi Syariah juga sama Om Ahmad Gozali, dan sekarang lagi baca bukunya Teh Ligwina Hananto =) lagi semangat banget cari tau dan sekarang udah mulai gak olab kalo dikasih nutrisi ilmu sama suami, karena udah nyetel di otak 😀 doain aja semoga saya jadi manusia yang lebih berguna dan bermanfaat buat sekitar, bangsa, negara dan agama. Doain semoga harta yang saya dan suami kelola dalam rumah tangga nilainya berkah…

Pentingnya kita ngerti rencana keuangan dan investasi itu kehidupan kita akan lebih baik, lebih tenang, dan insya Allah semakin royal sedekahnya =) Orang Islam itu wajib kaya kan yaa?

Ah udah segitu aja dulu… saya gak mau banyak ngomong dulu karena saya juga masih di titik nol di bidang ini, belum ada apa-apanya. Baru dapet bekal dan baru mau jalan.. Saya dan suami sepakat kalo belajar ilmu keuangan itu mutlak hukumnya. Bukan cuma untuk kehidupan rumah tangga kita aja, tapi untuk sesama juga… Kita hidup di dunia ini kan memang jobdesknya menjadi manfaat untuk orang lain.

Satu hal yang bisa saya petik hikmahnya dari perjalanan belajar yang satu ini, manusia itu gak punya batas. Hanya Allah dan aturanNya yang berhak memberikan kita batas. Maksudnya apa? Saya dan suami sepakat untuk gak menutup diri dengan ilmu yang ada. Meskipun dunia kerja saya yang utama adalah jadi dokter gigi, gak ada alasan untuk saya gak mempelajari hal lain selain kedokteran gigi. Ilmu Allah itu Maha Luas.. Sayang kan ya kalo hidup hanya mereguk setitik kecil dari apa yang Allah sudah berikan kepada kita. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, kita gak punya batas! Hanya Allah dan aturanNya yang membatasi ruang gerak kita. Selama tidak berbenturan dengan syariah Islam, kita bebas berlari kemanapun kita mau…

Okeiiii, tetap semangat, tetap bergerak.. Naik turun spirit itu biasa.. Satu hal yang gak boleh itu, ber-hen-ti dan merasa gak mampu. Jangan pernah mengecilkan kemampuan diri kita sendiri, nanti Yang Menciptakan kita marah 😀

Bersyukur harus, tapi bersyukur yang salah kaprah kadang membuat kita melakukan pembenaran untuk merasa puas dengan apa yang ada dan tidak berani melangkah lebih jauh dari kapasitas yang kita punya. Quran sudah menuliskan bahwa kita hidup di dunia ini sebagai khalifah. Hidup bukan untuk diri sendiri, tapi untuk orang lain juga. Sangat banyak PR ke-khalifah-an yang harus kita tunaikan jadiiii jangan pernah diam, karena diam itu mematikan..

Oiyaa, satu lagi satu lagiii… ternyata untuk berkecimpung di dunia investasi itu gak harus punya duit jutaan loh.. Ratusan ribu juga bisa. Kok bisa? ya bisaa lah, ada ilmunya kokkk 🙂

Sebuah tulisan untuk diri sendiri sebenernya :DD semoga tetap bisa jadi manfaat untuk teman-temin yaaaa… Maaff kalo ada salah pemilihan kata, pemilihan opini, pemilihan topik, atau mungkin pemilihan media publikasi.

Love in the air for you guysss!!

Wassalamu’alaikum wr wb…

-@achiisurachii-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s