sebuah pembelajaran =)

Bismillah…

Hay lotekssssssss!

Kangen buanged dweeehhhh ;P

Minggu kemarin saya udah menyelesaikan satu hajatan lagi nih, sebuah hajat kepanitiaan yang sudah entah berapa kali saya jalani di kampus tercinta ini. Setiap selesai satu kepantiaan, pasti aja ada satu pembelajaran yang saya dapat. Acara kali ini bernama Pengabdian Pada Masyarakat. Kegiatan ini merupakan proker Departemen Sosial BEM KEMA FKG Unpad yang diadakan rutin satu tahun sekali yang ditenderkan ke angkatan baru. Kontennya ada penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, panggung rakyat, dan pengobatan gigi gratis di desa terpencil Jawa Barat dan sekitarnya. Acaranya tiga hari 2 malem. Sejarahnya sih katanya acara ini juga diadakan sekaligus sebagai pengukuhan angkatan. PPM tahun ini kebetulan bukan tender angkatan saya tapi angkatan di bawah saya, angkatan 2008. Pada PPM kali ini saya dikasih kesempatan jadi panitia peninjaunya alias SC (Steering Committee). Awal ditawarin jadi SC PPM saya agak males. PPM itu kepanitiaan yang panjang, persiapannya satu tahun. Butuh kesabaran dan semangat yang gak habis-habisnya. Ilmu saya tentang PPM pun rasanya belum layak untuk menjadikan saya SC PPM. Tugas yang berat loteks T_T

Tapi berhubung saat itu memang tidak memungkinkan untuk cari pengganti, yaaa apa boleh buntet, saya terima. Selama perjalanan kepanitiaan ini, passion saya emang kurang dapet aja. Gak tau kenapa. Ahh… sudahlah gak usah diceritakan detail di sini. Ada kalanya saya semangat ada kalanya saya tidak nyaman. Gak tau kenapa. Eh, tau ding ;P

Yaudah lah yaaa.

Hari Minggu(14/3/2010) kemarin adalah hari terakhir PPM. ALHAMDULILLAH =)

Sejauh ini sih, selama saya meng-SC-in yang namanya PPM pas hari H, teknis acara berjalan lancar. Walaupuuunn, ada lah miss ini miss itu, yang gak ada cuma miss universe aja. PLAK! 😀

Banyak, banyaaaak banget yang terjadi selama kepanitiaan ini. Okei, gak akan saya ceritain. Pertama, saya gak ngerti-ngerti dan tau banget tentang semua yang terjadi di kepanitiaan ini, saya cuma ikut sedikit, sedikiiiit aja memberi sumbangsih tenaga, waktu, dan pikiran saya, semampu saya, untuk kesuksesan acara ini. Kedua, maaf saya juga lupa apa aja yang terjadi selama setahun ke belakang, hehehe.

Okei, apa sih pelajaran terbesar yang saya dapet dari kepanitiaan ini? “Katanya si ini yaaa…” itu gak baik banget. Iya, gossip. Prasangka. Salah persepsi. Cepat menyimpulkan keadaan itu gak baik dan kita harus terlatih untuk menghadapinya. Jujur aja nih, kemampuan saya sangat minim dalam hal ini. Ada saat-saat di mana saya kemakan katanya si ini atau katanya si itu tanpa ada langkah konfirmasi dan cek ulang ke orang bersangkutan. Saya nyesel. Nyesel banget. Ini pelajaran paling berharga dalam kepanitiaan ini. Saya bisa ngeliat kalo semua yang ada di kepanitiaan ini gak ada yang punya niat gak baik. GAK ADA. Semua ingin acara ini sukses dan jadi yang terbaik. Ya cuma sayangnya setiap niat baik itu hancur dan gak keliatan karena tergantikan sama yang namanya underestimating dan salah persepsi.

Ampun deh! Ampuunnn..

Emang yang namanya kepanitiaan atau organisasi itu kita emang harus berhadapan dengan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus watak, karakter, dan sudut pandang juga tentunya. Apa yang menurut kita baik belum tentu menurut si A, B, atau C itu baik juga. Kalau kata saya mah yaa.. terkadang hal-hal teknis yang seharusnya bisa berjalan lancar, justru terhambat sama hal-hal non teknis. Udah sekitar 3 tahun saya ikut kepanitiaan dan organisasi, tapi saya masih belum bisa lulus untuk hal-hal yang kayak gini. Emang wajarlah selisih pendapat dan sudut pandang mah, tapi yang saya sesali di sini kok saya gak maju-maju ya? Menyelesaikan hal non teknis masih sama emosi, yang sebenernya gak usah diambil pusing dan dibesar-besar kan juga. Aduuhh… maaf dong maaf =(

Saya masih harus belajar lagi. HARUS!

Kalo nemu masalah di kepanitiaan atau organisasi, kadang saya suka pengen mundur dan udahan aja ah ikutan beginian, bikin cape fisik, hati, dan pikiran. Tapi, justru ini bayarannya. Bayaran untuk menjadikan saya lebih baik lagi. Ya! Bener banget. Udah 3 tahun saya masih bertahan di dunia ini, di dunia aktifis. Meski saya belum menjadi insan yang sempurna, tapi saya udah dapat banyak hal yang gak saya dapat di bangku kuliah. Sedikit demi sedikit, ilmu interpersonal dan intrapersonal saya dapat dari dunia ini. Keselnya, dukanya, capeknya, pusingnya, sebelnya, semua bikin saya terpoles dan semakin belajar untuk gak mengulagi hal yang sama.

Gak ada yang bilang kalo hidup di ranah organisasi itu mudah, Gak nyaman sama sekali. Jujur deh. Kadang saya harus sedikit bersitegang dengan mama atau papa kalau ada agenda kampus dengan agenda keluarga yang bentrok. Gimana caranya saya membagi waktu untuk semua itu. Semua perjuangan dan kesabaran untuk tetap bertahan di sini adalah langkah saya untuk melebarkan zona nyaman saya, bukan keluar dari zona nyaman, tapi saya ingin melebarkan zona nyaman saya. Ngerti kan ya maksudnya?

So, terima kasih sekali untuk semua pihak yang sudah menamani dan memberi kesempatan untuk saya belajar dan tau ilmu baru, GHIBAH ITU BENER-BENER GAK BAIK! *Sebenarnya ini ilmu lama ya guys, tapi ehm baru ngena-nya sekarang. GUBRAKS*

Okei, mungkin itu aja tulisan saya kali ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan pelajaran juga buat temen-temen yang hobi ghibah, hati-hati lhooo! Positive thinking dan positive feeling itu amat sangat permu dilatih! Beneran deh, sumpah! Jadi, selamat berlatih untuk membiasakan diri tidak ghibah, positive thinking, dan positive feeling =)

P.S:

Ya Allah, aku seneng banget deh! Doa aku terkabul! Allah pasti masih inget kalau beberapa bulan yang lalu aku berdoa kalo aku pengen jadi manusia yang takut sama ghibah, inget kan? Makasih ya Ya Allah… kejadian ini bikin aku takut. Allah emang selalu ngasi apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita pengen. Efek jeranya mantafff deh! Aku sayang ALLAH, banged pake D ;P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s