tega sama dengan sayang

Di ospek yang kemarin, gue melihat ada satu fenomena, *ca elaaa…

Iya jadi kalo kalian pernah, sedang, atau akan menjalani kepanitiaan ospek pasti kalian akan menghadapi masalah dengan judul “Orang Tua yang Protektif”.

Okei, gue gak akan menceritakan siapa aja di kepanitiaan ospek gue yang orang tuanya protektif, itu mah urusan mereka. Urusan gue di sini cuma pengen ngajak sharing siapapun yang gak sengaja nyasar ke blog gue. Kita sharing tentang dampak kasih sayang orang tua yha? Okei?

Gue mungkin bukan orang yang tepat untuk ngajakin the loteks (sapaan sayang pembaca blog gue) untuk sharing tentang anak dan orang tua. Gue bukan psikolog dan bahkan gue pun belum jadi seorang orang tua. Gue hanya mahasiswi yang masih bikin pusing orang tua. Tapi untuk hal ini, izinkanlah gue untuk sedikit berpendapat.

Gak ada yang salah dengan keprotektifan orang tua, sama sekali gak ada. Yhaa secara mereka udah susah payah bikin, ngegedein, ngelahirin, ngasi makan, nyekolahin, sampe akhirnya anak mereka udah bisa dapet predikat sebagai mahasiswa. Ada satu hal yang suka bikin gue bingung. Kalo udah mahasiswa para orang tua kita tuh suka menuntut kedewasaan yang lebih gimanaaaa gitu. Okei, itu wajar dan emang harus. Tapi sayangnya suka ada aja orang tua yang gak konsisten. Nuntut anaknya harus dewasa sih iya, tapi memperlakukannya kayak anak TK juga iyaa. Dan kita sebagai anak, bingung kan?

Gue tau banget kalo kasih sayang orang tua itu gak ada yang ngalahin deh. Tapi menurut gue nih yhaaa, sesayang-sayangnya orang tua sama anak, mereka juga harus ‘tega’ lho! Maksut tega di sini, yha harus mau melepas anaknya untuk adaptasi sama lingkungan baru. Ngasih nasihat kalo dunia luar itu kejam sih udah klise yha, tapi melatih untuk bisa tough di kejamnya dunia luar gue rasa gak semua orang tua bisa gitu.

Contoh konkret aja deh, banyak kog temen gue yang gak tahan kalo dikasi tantangan idup. Bisanya cuma nyalahin sekitar dan kasi banyak alasan untuk gak bisa survive. Kalo mau dirunut, buat gue itu bukan cuma salah mereka doang kog. Orang tua juga ambil tanggung jawab untuk hal ini. Hampir semua temen gue yang ‘manja’ dan ‘cengeng’ emang diistimewakan di lingkup keluarganya. Kalo udah kayak gini, ketika mereka harus kenal dunia nyata, bukannya jadi manfaat buat orang tapi jadi bencana karena adanya meraka malah nyusahin banyak orang.

Jadi, kalo lo semua punya orang tua yang ‘galak’ atau ‘cuek’ kalo lo semua ngeluh ttg idup, mereka bukan berarti gak sayang… Justru mereka sayang sama lo, mereka ingin lo belajar dari hidup, mereka ingin lo terlatih untuk menyelesaikan semua masalah dengan cara lo sendiri. Jadi ketika lo di mana pun berada, di situasi apa pun lo harus hadapi, lo masih bisa tetep bertahan.

Orang tua gak selamanya ada untuk kita. Jangan dibiasain deh dikit-dikit ngadu sama orang tua. Selesaiin sendiri. Gue mah jujur yhaa… suka getek aja kalo ngeliat orang yang udah gede apalagi cowo yha, stress dikit ngeluh ke ortu, dijahatin dikit ngeluh ke ortu, apa-apa ke ortu… Kalo ortunya udah gak ada, mau jadi apa…

Dan untuk para orang tua yang juga gak sengaja nyasar ke blog seorang anak yang mudah2an bukan anak yang kurang ajar, belajar lah untuk ‘tega’ sama anak dari sekarang. Terlalu sayang juga gak baik, terlalu sayang dan protektif justru itu nanti manifestasinya bikin anak jadi bikin malu orangtua. Percaya sama aku…

Eniwei, mudah-mudahn untuk setiap apapun yang terjadi antara orang tua dan anak, gue berharap gak cuma satu pihak yang harus terus belajar. Tapi dua-duanya. Jadi bukan berarti orang tua yang lahir duluan jadi tau segala hal dan gak bisa disalahin. Terkadang mereka juga bisa salah… Sebagai anak kita juga harus ngingetin mereka, dengan cara yang baik pastinya..

Well.

Semoga sharing ini ada manfaatnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s